Public Relations (PR) adalah salah satu aspek yang
sangat penting dalam setiap perusahaan, baik perusahaan pemerintah maupun
perusahaan swasta. PR merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh
kepercayaan dan saling pengertian antara perusahaan dengan publiknya sehingga
tercipta hubungan yang harmonis, yang dimaksud dengan publik dalam hal ini
adalah publik internal dan eksternal perusahaan.
Kegiatan PR dalam suatu perusahaan pada hakikatnya
merupakan bagian dari kegiatan berkomunikasi dengan ciri khas komunikasi dua
arah antara perusahaan yang diwakilinya dengan publik atau sebaliknya. Setelah
melakukan kegiatan tersebut, PR menganalisa untuk mengetahui efek komunikasinya
apakah berdampak baik atau sebaliknya menjadi negatif sehingga berpengaruh
terhadap kelangsungan hidup perusahaan.
Kegiatan PR sangat diperlukan sebagai upaya untuk
mengembangkan usaha dan untuk kemajuan perusahaan itu sendiri, terutama dalam
hal komunikasi timbal balik, pencitraan, identitas dan reputasi perusahaan
tersebut. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PR tersebut merupakan langkah
penting dalam menjaga eksistensi perusahaan.
Kegiatan PR sangat mengutamakan kepentingan
publiknya dan bertujuan untuk memperoleh pengertian, kepercayaan, penghargaan
dari publik. Usaha yang dapat dilakukan adalah dengan bersikap simpatik,
terbuka dalam menerima saran, kritik maupun opini publik. Jika hal ini dapat
dilakukan maka akan memberikan keuntungan bagi perusahaan, yaitu menjaga
eksistensi perusahaan dan meningkatkan citra positifnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar