Rabu, 11 April 2012

Kegiatan Public Relations dalam Perusahaan


Public Relations (PR) adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam setiap perusahaan, baik perusahaan pemerintah maupun perusahaan swasta. PR merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh kepercayaan dan saling pengertian antara perusahaan dengan publiknya sehingga tercipta hubungan yang harmonis, yang dimaksud dengan publik dalam hal ini adalah publik internal dan eksternal perusahaan.
Kegiatan PR dalam suatu perusahaan pada hakikatnya merupakan bagian dari kegiatan berkomunikasi dengan ciri khas komunikasi dua arah antara perusahaan yang diwakilinya dengan publik atau sebaliknya. Setelah melakukan kegiatan tersebut, PR menganalisa untuk mengetahui efek komunikasinya apakah berdampak baik atau sebaliknya menjadi negatif sehingga berpengaruh terhadap kelangsungan hidup perusahaan.
Kegiatan PR sangat diperlukan sebagai upaya untuk mengembangkan usaha dan untuk kemajuan perusahaan itu sendiri, terutama dalam hal komunikasi timbal balik, pencitraan, identitas dan reputasi perusahaan tersebut. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PR tersebut merupakan langkah penting dalam menjaga eksistensi perusahaan.
Kegiatan PR sangat mengutamakan kepentingan publiknya dan bertujuan untuk memperoleh pengertian, kepercayaan, penghargaan dari publik. Usaha yang dapat dilakukan adalah dengan bersikap simpatik, terbuka dalam menerima saran, kritik maupun opini publik. Jika hal ini dapat dilakukan maka akan memberikan keuntungan bagi perusahaan, yaitu menjaga eksistensi perusahaan dan meningkatkan citra positifnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar